Perlukah Aplikasi untuk Curhat?

by - Monday, January 15, 2018

Aplikasi Curhat Anonim Pengganti Secret

Perlukah Aplikasi untuk Curhat? Pertanyaan ini tiba-tiba terintas pas baca berita di LINE Today tentang aplikasi yang sudah ditinggalkan. To be honest, aku pernah pake aplikasi "Secret" yang dulu emang lagi hits banget. Mungkin sekitar tahun 2015? Entah lah aku lupa hehe.

Pertama kali tau aplikasi Secret ini dari mana? Tau dari Twitter sih kayaknya. Karena sering banget liat screenshot kata-kata yang di-share di aplikasi "Secret" aku penasaran. Aplikasi apaan sih ini? Pas tau, langsung coba instal dan pake.

Apa rasanya pake aplikasi Secret?
1. Suka banget!
2. Ketagihan.
3. Bisa bikin lega.

Serius? Iyap! Buat aku yang saat itu sedang kehilangan teman yang biasanya suka curhat, aplikasi ini emang the best banget. Kenapa emangnya? Aplikasi "Secret" ini punya banyak kelebihan, yang mungkin bisa diterapin sama banyak developer app di luar sana. Jadi pengen bilang "We need application like this".
Post Terakhir Developer Aplikasi Secret
Post Terakhir Developer Aplikasi Secret yang Bikin Sedih hmm

Sejak Secret ini dihapus sama developer-nya, ga tau kenapa rasanya bete banget. Galau. Pengen curhat tapi bingung. Sempet nemu beberapa aplikasi yang "katanya" anonymous tapi ternyata ga seenak pake Secret. Hey, para developer, buat aplikasi curhat kayak gini dong :

1. Beneran Anonymous

Aplikasi Curhat Anonim Aplikasi Secret
Salah satu postingan di Secret yang pernah hits di ASK.fm

Biar bisa curhat di aplikasi itu, kita ga perlu login sama sekali. Ga perlu pake username, password, email, dan lain-lain. Pas instal, buka aplikasi, bisa langsung pake. Jadi, emang bener-bener anonymous.

Lalu gimana cara bedainnya? Kalau di Secret itu, ada beberapa icon yang gambarnya beda-beda + warna beda juga. Nah, mereka ngebedainnya pake itu. Contohnya kayak simbol Strawberry Ungu, Lonceng Oren, dan lain-lain.

Pernah instal beberapa aplikasi, mereka malah butuh nomor hp, email, username, password. Hm, buat apa? Entah lah. Setelah instal dan lihat bacaan itu, akhirnya aku uninstall lagi aplikasinya :'D Karena yang dibutuhin itu emang yang beneran Anonymous.

2. Ada Private Chat

Aplikasi Curhat Anonim Aplikasi Secret
Hampura, ini siapa pun yg chat sama aku, aku pura-pura jadi cowok :'D

Buat aku, sebenernya ga penting-penting amat sih. Tapi kalau liat dari beberapa review aplikasi yang mirip Secret (katanya), mereka butuh private chat juga. Mungkin, kalau pas mereka curhat ada orang yang komentarnya menyenangkan, mereka butuh buat chat juga. Biar lebih kenal kali yaa.

Cerita dari gambar di atas. Kayaknya waktu itu ada cewek yang nanya "Suka cewek berhijab atau engga?" ya aku jawab : hijab. Terus langsung di-chat deh :D maaf. Engga enaknya yaa kita jadi ga tau itu cewek atau cowok. Balik lagi ke nomor 1. Beneran Anonymous.

3. Bisa Pilih Lokasi Lain

Nah, biasanya, pake aplikasi anonim kayak gini tuh fitur curhatnya per lokasi. Misalnya, lokasi di Jakarta, yaa yang keliatan di Timeline yaa yang curhat di Jakarta. Kalau lagi di Bogor, yang curhat Bogor juga.

Kalau ada pilihan minimal 3 deh, lokasi saat ini, Indonesia sama Wordwide gitu hehe. Kadang penasaran juga pengen lihat kalau se-Indonesia kayak gimana isi curhatannya. Hehe.

4. Ada Fitur Report

Ini sih kayaknya ada. Cuma ada beberapa aplikasi yang engga ada fitur Report. Jadi, kalau ada post yang disgusting, share yang *IYKWIM* uh rasanya pengen ngehapus langsung dari timeline dan ga mau liat lagi. Kalau ada fitur ini, bisa ngebantu buat laporin ke developer kalau ada post yang ga pantas dan bisa langsung dihapus dari sistemnya hehe.

5. Ada Fitur Love dan Best

Aplikasi Curhat Anonim Aplikasi Secret
Ada juga yang salah gunain Secret buat nanya jawaban soal ujian :'D
Dengan adanya fitur ini, kita bisa tau apa sih yang lagi IN, yang lagi HITS, curhatan yang lagi banyak dikomen, dan lain-lain. Minusnya sih, kadang mereka yang "Best" ini ambil bahan dari sumber lain gitu biar banyak yang love.

Jawaban Perlukah Aplikasi untuk Curhat?

Jadi, apa jawaban dari perlukah aplikasi untuk curhat? Iya perlu! Tapi butuh aplikasi curhat yang anonim. Bener-bener anonim. Untuk pengguna Android, mungkin gampang buat nyari beberapa aplikasi curhat yang (katanya) anonim. Sementara pengguna iOS, bakal susah banget buat nemu aplikasi sejenis.

Aplikasi Curhat Anonim Pengganti Secret untuk Android 

Ada banyak banget aplikasi pengganti Secret untuk Android. Dari beberapa yang pernah aku pake, ini dia yang lumayan asik, ya walau pun harus login dulu hehe.

1. Persona


Aplikasi-Pengganti-Secret-Aplikasi-Curhat-Android-Aplikasi-Persona
Aplikasi Persona - Tampilan Dulu Tahun 2015
Aplikasi ini buatan developer Indonesia. Aplikasinya lumayan ringan (dulu, sekarang ga tau karena ga pake lagi). Di aplikasi ini, usernamenya bisa diubah-ubah. Kita juga bisa komentar dengan pilihan simbol sesuai jawaban kita. Hmm lebih lengkapnya coba aja cek. Karena yang aku pake itu versi 2015 hehe.

2.Whisper

Aplikasi-Pengganti-Secret-Aplikasi-Curhat-Android-Aplikasi-Whisper
Aplikasi Whisper - Kiri private chatnya, kanan balasan post. (Tampilan 2015 juga)

Aplikasi ini bisa dibilang agak ribet sih, karena buat post, harus pake gambar. Aplikasi ini bisa dipake di Android sama iOS juga. Penggunanya lebih banyak karena dari seluruh dunia. Lebih lengkapnya, cek sendiri yaa hehe.

Untuk aplikasi lainnya ada LegaTalk, Riliv, dan lain-lain. Cuma untuk yang lainnya belum pernah coba. Pernah coba LegaTalk dulu tapi ga sempet SS. Kalo ada rekomendasi lainnya, komentar di bawah yaa.

Aplikasi Curhat Anonim Pengganti Secret untuk iOS

Untuk yang ini, aku udah cari banyak banget dan susah nemunya :') Tapi, kemarin aku nemu 1 nih, yang beneran Anonymous, nama aplikasinya :

Curhad

Aplikasi Curhad
Aplikasi ini, ga perlu login buat masuk ke dalamnya. Buat curhat, kita tinggal klik simbol pensil dan bisa langsung curhat, karena penggunanya masih dikit, biasanya sih butuh beberapa menit sampe ada yang respon yang kita curhatin. Kalau udah banyak penggunanya mungkin bisa seru dan ditambah fitur lainnya. Soalnya fiturnya masih gitu-gitu aja hehe.

Mungkin sekian Review, Pertanyaan, Kebutuhan dan entahlah apa ini. Kalau menurut kalian gimana? Apa pendapat kalian dari pertanyaan aku? Dan apa ada rekomendasi aplikasi untuk curhat anonim? Langsung share aja ya di komentar.

Have a nice day guys!

You May Also Like

4 komentar

  1. Wah aku baru tahu ada aplikasi begini. Aku tu tahunya cuma omegle dan chattous. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, kalo itu kan buat chat, ini plus timeline nya gitu. sayangnya si secret udah ga da :')

      Delete
  2. wah baru tahu... thanks infonya, bermanfaat buat emak emak macem sayah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iyaa bun, lumayan bisa bikin lega :'D

      Delete

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)

Instagram