Cara Menabung Secara Rutin Setiap Bulan

by - Monday, November 26, 2018

Cara Menabung Secara Rutin Setiap Bulan

Cara Menabung Secara Rutin Setiap Bulan - Permasalahan dan pertanyaan yang muncul buat yang baru mulai kerja ada banyak. Mulai dari "gimana nanti adaptasinya?", "ntar diajarin ga ya?", "bosnya galak ga ya?", "aku ga bisa ini, gimana?", "mau nanya malu ih", dan lain-lain. Nah, pas udah mulai bisa adaptasi kerja, ada lagi pertanyaan yang udah pasti sering muncul "aku bisa nabung ga ya?". Tapi biasanya pertanyaan itu muncul bukan cuma buat yang baru mulai kerja, bahkan yang udah kerja bertahun-tahun pun masih sering bertanya hal itu.

"Menabung" memang sering menjadi hal yang cukup sulit bagi beberapa orang. Kenapa bisa sesulit itu? Ya tentu karena ada banyak faktor. Misalnya :

  • Banyak keperluan
  • Pengeluaran lebih banyak dari gaji
  • Bisa nabung tapi ntar ga ada uang buat kebutuhan sehari-hari
  • Gaji dipake buat jajan/nongkrong
  • Dan lain-lain
Buat aku sendiri, menabung secara rutin itu cukup mudah. Karena dari kecil udah belajar nabung mulai dari celengan, sampe pas SMK udah nabung ke bank. Ya, meskipun ga sampe ratusan ribu sih :D Nah, karena udah belajar nabung dan alhamdulillahnya sampe sekarang masih suka nerapin, banyak teman yang suka nanya :
  • "Aul, gimana sih caranya nabung?"
  • "Aku ga bisa nabung ih. Gimana ya?"
  • "Aku boros banget. Ajarin nabung atuh!"
  • Dan pertanyaan lain yang sejenis itu.
Sekarang aku bakal kasih tips trik cara menabung secara rutin setiap bulan tapi ya ini versi aku ya. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang lagi pengen nabung ya! Yuk mulai aja.

Cara Menabung Secara Rutin Setiap Bulan

Cara menabung secara rutin setiap bulan ini bakal aku bagi 2 ya, ada yang buat pekerja dan ada juga buat pelajar. Karena sumber uangnya beda kan ya, dan ini yang aku lakuin dari dulu.

1. Cara Rutin Menabung Buat Pekerja

Cara Menabung Secara Rutin Setiap Bulan

Buat pekerja, biasanya sumber uang buat nabung ini ya pasti GAJI yang setiap bulannya selalu datang. Entah itu cash atau langsung masuk ATM. Nah, setiap hari gajian datang, kalo aku selalu cek dulu berapa nominalnya, soalnya tiap bulan beda. Buat kalian yang nominalnya sama setiap bulan, ikutin juga cara ini ya.

Cara Pertama : Buat list pengeluaran + kebutuhan yang WAJIB
Nah, di cara pertama ini, kamu harus buat list yang isinya tentang "sebulan itu pengeluaran buat apa aja sih?" tapi yang ditulis di list ini yang bener-bener wajib ya. Contohnya gini :
Cara Menabung Secara Rutin Setiap Bulan
Ini mah contoh yaa

Aku mau kasih masukan juga nih buat kalian. Setiap habis gajian, jangan sampai lupa buat ambil 2,5% dan kasih ke yang membutuhkan ya :) buat yang ini, bisa langsung cari-cari ya di Google tentang "zakat penghasilan". Insya Allah, ntar gara-gara itu ga berasa loh rezeki ngalir gitu alhamdulillah.

Cara Kedua : Utamain nabung!
Nah, kalau yang ini misalnya ada yang lagi pengen dibeli, tapi ya ga penting-penting amat, jangan dimasukin ke list itu. Setelah semua pengeluaran yang wajib dicatat, inget buat langsung simpan buat nabung jangan pernah lirik barang yang dipengen karena "kemauan" bukan kebutuhan yaa!

Cara Ketiga : Harus bisa nahan diri buat beli yang dipengen
Buat cara yang ini isinya kurang lebih sama kayak yang ada di artikel "TIPS UNTUK MEMBELI LAPTOP BARU". Kamu harus bisa bedain mana kebutuhan mana keinginan. Jangan sampe beli barang cuma karena alasan "kan lagi trend!", "lucu tau!", "kapan lagi punya yang unik?". 

Hey, ayo belajar tahan diri. Kalau nabungnya rajin, di masa depan pasti uang yang ditabung itu bermanfaat. Dari pada beli barang kan kalo udah lama ya nilainya pasti jatuh, mending tabung dulu aja. 

Cara Keempat : Jangan pernah lirik tabungan!
Lah, kalo ga lirik ga tau udah berapa dong tabungannya? Ya bukan itu maksudnya. Jadi, setiap kali kamu mau beli ini itu, jangan pernah ambil dari tabungan! Lirik aja ga boleh apa lagi pegang ya ga? Nih bayangin misalnya udah list, udah nabung, terus sisanya udah dibeli ini itu terus tiba-tiba mau beli sesuatu lagi tapi uangnya kurang, tinggal buat sehari-hari aja. Eh, inget ada tabungan terus pengen ambil. Hm, jangan sampe diambil sedikit pun. Cukup inget punya tabungan aja jangan sampe gesek terus.

Oh iya ada tips nih seputar nabung di bank :
  • Kalo bisa, nabungnya pake tabungan yang tanpa ada kartu atmnya + mbanking-nya. Biar ga kegoda kalo mau beli ini itu.
  • Kalo ada atmnya, jangan sampe aktifin m-banking + atmnya taro di tempat lain. Jangan ada di dompet, jangan dibawa-bawa, taro di lemari misalnya.

Cara Kelima : Konsisten
Yang terakhir ini, konsisten. Biasanya kalo ngomongin konsisten udah agak susah sih. Soalnya cukup berat apa lagi keadaan bisa berubah kapan pun. Tapi, kalo kamu yakin, insya Allah pasti nanti bisa. Kalau udah bisa konsisten, lama-lama nabung ini bakal bisa jadi kebiasaan juga.

Nominal nabung juga harus bisa konsisten. Misalnya setiap bulan harus nabung sejuta, yaudah bulan berikutnya dan seterusnya harus segitu. Jangan berkurang. Kalau nambah ya bagus!

Tapi, ada saatnya aku juga nabungnya ga sama nominalnya. Apalagi kalau lagi ada semesteran kuliah. Duh, hampir keambil seperempat sampai sebagian itu gaji :( kalau kalian juga ada keadaan yang ga memungkinkan, cukup di bulan itu aja ya ga konsisten nominalnya. 

Jangan sampe ga nabung! Biar pun nominalnya berkurang, WAJIB nabung!

Nah, Cara Rutin Menabung Buat Pekerja cukup kayak gitu aja. Yang penting ada kemauan nabung + ikutin cara-cara yang udah disebut pasti uang tabungan bisa terus bertambah. Semoga berhasil ya pake cara ini.

Wah, ga kerasa ini ngetik lumayan juga. Kayaknya buat yang Cara Rutin Menabung Buat Pelajar dilanjut di artikel selanjutnya ya. Semoga artikel ini bermanfaat :)

You May Also Like

0 komentar

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)

Instagram