Beberapa Hal yang Berbeda pada Puasa Tahun Ini dan Sebelumnya

by - Saturday, April 02, 2022



Beberapa Hal yang Berbeda pada Puasa Tahun Ini dan Sebelumnya - Puasa di tahun 2022 ini, akan menjadi puasa ketiga dimana masa pandemi COVID-19 masih terasa kehadirannya. Dan ya, puasa kali ini kita masih ada dalam masa pandemi. Masih ada beberapa hal yang tidak bisa kita lepaskan setelah 3 tahun ini COVID-19 menyebar di Indonesia, seperti memakai masker misalnya.

Namun, hal baiknya adalah lambat laun, secara bertahap, pandemia akan segera berubah menjadi endemi. Hal ini ditandai dengan adanya beberapa hal yang berbeda pada puasa tahun ini dengan yang sebelumnya.

Hal-Hal yang Berbeda pada Puasa Tahun Ini


1. Sekarang sudah bisa kembali melakukan mudik!

Di Indonesia, hal yang selalu ditunggu-tunggu saat sedang berpuasa adalah mudik ke kampung halaman. Dua tahun lalu, saat angka penyebaran COVID-19 sedang tinggi-tingginya, tentu saja mudik dilarang. Untuk yang sedang merantau, rasanya pasti akan sangat sedih, bukan?

Biasanya akan ada momen haru dan bahagia saat kita melakukan mudik karena akhirnya setelah bertahun-tahun kita bisa bertemu dengan orang tua dan sanak saudara. Namun karena saat itu mudik dilarang, hal yang bisa dilakukan hanyalah bertemu secara online menggunakan aplikasi video call yang bisa dibilang "kurang afdol".

Dan tahun ini, akan menjadi hal yang berbeda karena kita bisa melakukan mudik kembali dan membuat momen baru yang tidak bisa dilupakan. Meski begitu, jangan lupa untuk mencari tahu tentang syarat-syarat agar bisa melakukan mudik dengan aman dan tenang, seperti salah satunya adalah sudah melakukan vaksinasi sampai tahap booster.

2. Pasar dan mall sudah kembali ramai dan penuh

Ibuku bercerita, kalau hari ini, H-1 puasa pertama, pasar terasa sangat ramai, penuh dan sesak dengan banyaknya orang-orang yang berdatangan untuk membeli keperluan memasak sebelum puasa dimulai. Di sini, orang-orang biasa menyebutnya dengan munggahan.

Tidak hanya di pasar saja, bahkan beberapa bulan ke belakang, di mall yang terbilang cukup ketat proses masuk ke dalamnya juga selalu ramai.

3. Sepertinya akan banyak yang melakukan bukber kembali

Kalau dilihat seperti pada poin nomor 2, sangat terlihat kalau pasti akan ada banyak yang melakukan bukber kembali. Buka bersama ini bisa menjadi momen untuk melepas rindu dengan teman-teman SD, SMP, SMA/K, Kuliah, dan lain-lain yang rencana bukbernya sempat tertunda pada tahun lalu.

Dari ketiga poin yang disebutkan di atas, dapat terlihat kalau secara perlahan, perilaku dan kegiatan saat-saat ini hampir kembali seperti saat sebelum COVID-19 menyebar di Indonesia. Namun, yang berbeda adalah, saat ini orang-orang sudah lebih paham dan terbiasa dengan menggunakan masker.

Beberapa Hikmah yang Didapatkan Selama Masa Pandemi

Meski pandemi COVID-19 ini sangat menyeramkan dan bahkan bisa membuat banyak memori yang menyedihkan untuk banyak orang, namun, ada beberapa hikmah yang didapatkan melalui masa pandemi ini:
  1. Pandemi mengubah kebiasaan kita menjadi lebih sehat dengan pola hidup sehat.
  2. Pandemi membuat kita sadar akan pentingnya kesehatan.
  3. Pandemi membuat kita sadar akan pentingnya menjaga sesama.

Tips Berpuasa pada Saat Pandemi

Ini dia sedikit tips berpuasa pada saat masa pandemi:

1. Tetap Patuhi Prokes Kesehatan

Untuk kamu yang selalu bepergian ke luar rumah entah itu untuk belanja bulanan, mengikuti kajian, bersilaturahmi dengan teman, atau bahkan bukber di luar, pastikanlah untuk selalu mematuhi prokes kesehatan yang berlaku. Seperti:
  • memakai masker
  • mencuci tangan 
  • menjaga jarak
  • menjauhi kerumunan
  • mengurangi mobilitas

Meskipun sebenarnya yang sering kita lihat secara langsung tentu saja berbeda dengan yang disebutkan di atas, setidaknya cobalah untuk terus melakukan beberapa di antaranya. Dan agar tetap aman, jangan lupa juga untuk melakukan vaksinasi sampai ke tahap booster. Ini sangat efektif sekali loh!

2. Memakan makanan dan minuman yang menyehatkan

Pastikan untuk selalu memakan makanan dan minuman yang menyehatkan dalam masa pandemi ini terutama saat sedang berpuasa. Makanan dan minuman yang menyehatkan tentunya akan membantu tubuh kita dalam menjaga sistem pencernaan dan menghindarkan kita dari virus-virus yang menyebar. Ingat selalu dengan 4 sehat 5 sempurna. Kurangilah memakan makanan dan minuman yang bisa menyakitkan bagi tubuh.

Itulah beberapa hal yang berbeda pada puasa tahun ini dan tahun sebelumnya. Meski pun pandemi masih belum usai dan hampir menuju endemi, jangan lupa untuk selalu menjaga prokes kesehatan dan semangat selalu dalam menjalankan puasanya :)

You May Also Like

1 komentar

  1. AtBit Starz, you'll be able to|you probably can} choose most well-liked game categories and navigate everything according to your taste and elegance. Furthermore, there aren’t minimal and most bet limits, besides if you play with a bonus. All in all, the poker section at Bovada 토토사이트 has many options, and need to|if you want to} play your cash at a desk, want to} try one of many poker rooms. Concerning transactions, Bovada accepts cards, participant transfer vouchers, direct financial institution transfers, Matchplay, and a few cryptocurrencies. For instance, the cashback bonus for the lowest-steel degree is 6%, whereas the bonus for the highest-platinum degree is 11%.

    ReplyDelete

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)