Rekomendasi Kegiatan Seru Untuk Dilakukan Saat Berpuasa

by - Tuesday, April 05, 2022



Rekomendasi Kegiatan Seru Untuk Dilakukan Saat Berpuasa - Memasuki bulan puasa, biasanya akan ada perubahan pada kegiatan sehari-hari. Bahkan, jadwal tidur pun akan menjadi sangat berubah total. Eits, ini tidak berlaku untuk yang bekerja ya, yang berbeda tentunya jadwal tidur akan berkurang hehe.

Bulan puasa kali ini, kita masih ada di masa pandemi yang semoga saja akan segera berakhir. Masih ada banyak yang lebih memilih untuk melakukan segala hal di rumah saja daripada harus keluar.

Nah, untuk kamu yang sedang bingung ingin melakukan kegiatan apa saat berpuasa di rumah saja, ada beberapa rekomendasi kegiatan seru nih yang bisa dicoba dilakukan. Dijamin seru dan bisa bikin betah juga kok meski puasa di rumah aja.

Tadarus

source: unsplash.com


Bulan Ramadan identik dengan mengejar pahala. Berbeda dengan bulan-bulan biasanya, bulan Ramadan bisa menjadi ladang pahala jika kamu bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Kamu juga bisa menjadikan bulan ramadan ini sebagai ajang untuk menamatkan atau khatam Al-Qur'an.

Selain mendapatkan pahala, dengan melakukan tadarus biasanya bisa membuat hati menjadi lebih tenang dan damai.

Bermain Permainan Tradisional

source: liputan6.com


Untuk kamu yang di rumahnya terdiri dari keluarga besar, atau lebih dari 3 orang, bisa melakukan kegiatan ini loh. Karena permainan tradisional akan lebih seru jika dilakukan oleh banyak orang. Memang ada permainan tradisional apa saja yang menyenangkan dan bisa dilakukan di rumah?
  • Congklak
  • Bola Bekel
Permainan ini juga sangat cocok dikenalkan ke anak-anak agar tidak terus bermain dengan gadgetnya. Dengan melakukan kedua permainan ini, bisa membantu dalam meningkatkan kepekaan, perhitungan dan juga kesabaran loh!

Ingin lebih seru lagi? Ajak teman-teman sekitar atau saudara untuk bermain bersama permainan tradisional lainnya seperti:
  • Lompat Tali
  • Ular Naga
  • Kucing Jongkok
  • Bentengan
  • Kelereng
  • Dan lain-lain
Kamu bisa memainkannya di pekarangan rumah atau halaman belakang rumah.

Bermain Permainan Papan

source: unsplash.com


Permainan ini sangat seru dilakukan bahkan untuk orang-orang yang sudah dewasa sekali pun! Permainan papan dulu sangat populer pada tahun 2000-an dan banyak yang memainkannya untuk mengisi waktu sambil bercengkrama dengan teman.

Beberapa permainan papan yang bisa dimainkan contohnya adalah:
  • Monopoli
  • Ular Tangga
  • Ludo
  • Dan lain-lain
Beberapa permainan yang disebutkan bisa melatih konsentrasi. Seperti contohnya monopoli yang bisa membuat anak-anak menjadi belajar mengelola uang dan bagaimana memanfaatkan peluang.

Belajar Membuat Kue

source: unsplash.com


Bulan puasa yang akan diakhiri dengan lebaran selalu diramaikan dengan adanya kue kering atau kue dan camilan lainnya yang terasa manis. Agar lebih seru lagi, untuk kamu yang masih belum bisa membuat kue bisa mencoba untuk menemani ibu atau nenek membuat kue sambil sedikit-sedikit mempelajarinya.

Biasanya buat kue dilakukan pada waktu siang, sore atau malam hari. Nah, jika dilakukan siang atau sore, minusnya hanya tidak bisa mencoba langsung :D tapi, tetap dapat ilmu untuk membuat kue tentunya akan terasa menyenangkan dan bermanfaat, bukan?

Merapikan Kamar

source: unsplash.com


Hah? Merapikan kamar? Ga salah nih? Kok malah harus beres-beres sih?

Hehe iya benar kok, ga salah! Karena di rumah saja, pasti salah satu ruangan yang jadi andalan kita adalah kamar sendiri. Di kamar, kita bisa melakukan banyak kegiatan sekaligus. Mulai dari tidur, belajar, membaca, menulis dan lain-lain.

Nah, agar kita merasa lebih nyaman lagi karena berpuasa di rumah saja, merapikan kamar akan menjadi kegiatanyang seru untuk dilakukan. Bahkan, jika kita merasa bosan dengan suasana kamar, kita bisa melakukan dekorasi ulang atau mengubah posisi barang-barang yang ada di dalam kamar.

Jika kamu merasa kelelahan karena ada banyak barang yang perlu dirapikan, kamu bisa mencicilnya sedikit-sedikit kok dalam setiap harinya. Jadi, tidak perlu langsung merapikannya sekaligus jika takut kelelahan.

Kegiatan ini akan sangat terasa seru dan menyenangkan loh karena kamu akan mendapatkan suasana baru dan kepuasan tersendiri tentunya.

Gimana nih dengan rekomendasinya? Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan bukan meski hanya puasa di rumah aja. Sudah tahu mau melakukan apa untuk esok hari? Semoga rekomendasi kegiatan seru untuk dilakukan saat berpuasa ini bisa menambah inspirasimu ya :)

You May Also Like

0 komentar

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)