Perjalanan Dietku : Turun 4kg dalam 2 Minggu!

by - Wednesday, January 30, 2019

Tips Sukses Diet : Turun 4kg dalam 2 Minggu!

Perjalanan Dietku : Turun 4kg dalam 2 Minggu! - Sama kayak perjalanan diet lainnya, sebelum ketemu sama diet yang cocok, aku mau cerita dulu kenapa sih harus sampe diet gini? Emangnya kenapa kalo ga diet? Hmmm yaudah kita mulai ceritanya di awal. Btw, mungkin ngga terlalu WOW ya 4 kg dalam 2 minggu, tapi gara-gara turun 4kg dalam 2 minggu ini, ada banyak perubahan di badan aku :D apa aja sih? Baca dulu yuk!

Berat Badan Naik 10kg

Yup. Ini adalah alasan kenapa aku harus diet. Sejak lulus dari SMK, terus langsung kerja, dalam 1 tahun, berat badan aku langsung naik 10kg! Bayangin, 10 kg! Di SMK BB aku cuma sekitar 45-47 kg aja, tapi pas kerja, pernah nyentuh di angka 57-58 kg. Gila ga?

Aku yang dulunya ceking, tulang doang, tiba-tiba berubah jadi chubby + punya tangan kayak talas. Sampe setiap kali ketemu sama temen-temen lama, pasti mereka bilang :
"Aul, gendutan ya!"
"Aul, meni gemuk sekarang!"
"Ini tuh Aul? Beda banget!"
dan komentar-komentar lain. Belum lagi, muka ga bener. Punya jerawat di pipi kanan kiri. Kayak gini. Duh, kebayang ga sih gimana mindernya aku? Badan bengkak, muka jerawatan. Sampe ada salah satu karyawan di perusahaan sebelah perusahaan aku bilang gini "Kamu ga akan dapet pacar loh kayak gini." Langsung nancep omongannya loh, bu. Udah ibu-ibu ngomongnya ga difilter dulu :(

Ini naik 10kg mungkin karena udah punya uang sendiri, jadi ngerasa bebas mau beli ini itu. Sampe ga kekontrol badannya :'D

Sebelum diet itu, kurang lebih gini. Mungkin emang keliatan biasa aja, tapi asli aku minder ga pede.
Tips Sukses Diet : Turun 4kg dalam 2 Minggu!
Dari foto ini keliatan, yang berlebih itu pipinya
Tips Sukses Diet : Turun 4kg dalam 2 Minggu!
Yang ini, pahanya keliatan gede + ngetat banget celananya

Awalnya, aku mikir "yaudah sih, badan badan aku, mau ada yang suka atau engga yaudah". Jadi, aku pede-pede aja gitu. Tapi, makin ke sini, mikirnya :
"Nyari baju susah."
"Baju yang dulu lucu, mau pake takut robek."
"Biar lebih pede harus kurusan!"

Akhirnya, aku mau coba diet di tahun ke-3 aku kerja. Tapi, ga pernah nemu diet yang cocok 1 pun. Susah banget. Apalagi dulu itu di kantor orang-orangnya pada doyan makan, ya mau ga mau ikutan juga dong. (Emang doyan juga sih hehe)

Setiap kali lagi nyoba diet, pada beli nasi bebek yang rasanya enak banget luar biasa, akhirnya luluh dan ikutan makan nasi bebek juga. Tiap hari pasti selalu pesen makan di gr*bfood atau g*-food. Kebayang dong makanannya kayak gimana? Hm.

1-2 taun, gagal diet. Padahal pernah juga nyoba cara pake taruhan "kalau berhasil turunin 6kg dalam 3 bulan, bakal dikasih A, B, C". Dan pasti selalu gagal di bulan ke-3. Ga ngerti lagi deh mesti gimana.

Akhirnya, aku janji sama diri sendiri "di tahun 2019 harus turun minimal 5 kg". Dan, bahagia banget janjinya bisa ditepatin bahkan sebelum tanggal 31 Januari 2019 :'))) di judul sih 4 kg dalam 2 minggu, iya beneran! Tapi sekarang, di minggu ke-3 aku udah turun 5kg. Seneng banget!

Jenis Diet yang Cocok

Nah, jadi awalnya cocok sama diet ini tuh karena pernah coba "Diet Karbo" aku lupa deh kalo ga salah ini gara-gara liat YouTube-nya Yulia Baltschun. YouTuber favorit aku yang suka bahas kesehatan. Jadi, di videonya dia bilang karbohidrat itu ada 2 jenis. Kompleks sama apa ya lupa :(

Jadi, aku ganti yang biasanya makan nasi putih, jadi nasi merah. Aku juga ga makan jenis karbohidrat yang disebut di video. Nah, kebetulan aku nemu nih hasil screenshot videonya. Dan ini dijadiin wallpaper hape berbulan-bulan :'D
Tips Sukses Diet : Turun 4kg dalam 2 Minggu!
Source : YouTube Yulia Baltschun
Selama itu juga aku rajin mantau YouTube-nya dia, asli rekomen banget deh buat kalian yang lagi jadi Pejuang Diet. Wajib subscribe channel YouTubenya "Yulia Baltschun".

Tapi, karena aku ga kuat orangnya, liat orang makan ini itu mau, jadi gagal lagi. Padahal "Diet Karbo" udah paling pas buat aku. Cocok. 1 bulan aku turun 3 kg waktu itu.

Nah, diet yang aku jalanin sekarang, aku bingung namainnya apa. Karena aku ngasal dan ga ikutin panduan diet, jadi buat yang merasa diet aku ini susah, berat atau ga sehat, jangan ikutin yaa! Aku cuma mau sharing aja kalo aku berhasil turunin berat badan gara-gara diet ini hehe.

Jadwal Makan Diet

Mungkin bisa dibilang ini tuh diet nasi. Jadi, aku bener-bener ngga makan nasi putih sama sekali. Dan, gimana jadwal makannya pas lagi diet ini?

Makan Pagi :
Karena aku ngehindarin makan nasi putih, yang aku makan pas pagi itu, oatmeal. Aku beli merek Quaker yang 1 kg. Waktu itu beli di Diamond Rp 50.000. Dan ini kayaknya bisa cukup sampai 6 bulan deh. Lumayan banget kan ngehemat uang?

Tips Sukses Diet : Turun 4kg dalam 2 Minggu!

Cara buat + makannya gimana?

  1. Ambil oatmeal 4 sendok makan
  2. Seduh pakai air hangat
  3. Tambah pisang biar rasanya ga hambar (pisangnya dipotong sama dikerok)
  4. Campur deh!
Rasanya gimana? Kalo pake pisang yang di warteg enak, tapi ga tau kenapa kalo pake sunpride bikin enek. Awalnya makan oatmeal ini ga enak banget. Rasanya hambar, ga ada rasa apa-apa, ga enak deh pokoknya. Lama kelamaan udah biasa, jadi ga masalah sama sekali sih. Nah, buat topping-nya bebas, bisa pisang atau buah lain kayak yang ada di gambarnya tuh. Bisa juga dicampur madu, enak.

Tips Sukses Diet : Turun 4kg dalam 2 Minggu!
Sampe nyetok pisang di kosan, ini beli di Pasar Malam 10k
Kalo lagi bosen makan oatmeal, kadang aku makan pisang aja. Atau makan sereal. Kalau lagi makan sereal, aku cuma tambah sama susu aja. Dan tau susu apa yang aku pake? Ultra Milk! Kadang yang coklat atau full cream.
Tips Sukses Diet : Turun 4kg dalam 2 Minggu!
Serealnya bebas yang apa aja boleh kok!
Dan malahan nih, kalau bener-bener lagi bosen sama oatmeal atau sereal, aku makan hal yang ga jelas. Kayak makan 1 tempe sama 1 pisang aja. Ga nyambung kan? Tapi ga tau kenapa kenyang-kenyang aja makan itu hehe. Sampe temen-temen di kantor itu bilang kalo makan pagi aku paling aneh, ga jelas, absurd, dll.

Buat aku, tempe sama pisang ini makan pagi yang paling enak dari pada sama oatmeal atau sereal :'D
Tips Sukses Diet : Turun 4kg dalam 2 Minggu!
Favorit sih!
Oh iya, FYI aku selalu makan pagi jam 8 lewat pas lagi di kantor. Soalnya pagi-pagi beresin kosan terus nemenin adek cari makan dulu. 


Makan Siang :
Pas makan siang, aku cuma makan apel aja. Iya, 1 buah jangan banyak-banyak. Awal mikir makan apel ini gara-gara tadinya mau nyobain dietnya mbak Ayu. Eh, iya iya diet IU. Penyanyi cantik korea yang dietnya ini bisa dibilang ekstrim. Buat yang penasaran boleh langsung Google aja ya. Aku ga ikutin diet IU karena ga kuat cuk.
Tips Sukses Diet : Turun 4kg dalam 2 Minggu!
Biasanya, apelnya lebih gede dari yang ini sih, kebetulan abis sisa yang kecil buat difoto.
Kalau engga ada apelnya, aku makan dimsum. Ga ada fotonya hehe. Aku makan siang kadang jam 12 atau jam 1, tergantung mood. Efeknya kadang bikin kenyang kadang malah laper. Kalo laper, aku nyoba tahan dulu sampe jam 5. Dan bakalan makan malem. Kalo ga laper, aku ga bakal makan lagi sampe malem.

Makan Malam :
Buat makan malam, menunya buah-buahan aja. Dan, makannya kalo pas laper aja. Jadi, aku nyetok buah selain pisang sama apel. Misalnya jeruk, manggis, pir, atau buah lain.
Tips Sukses Diet : Turun 4kg dalam 2 Minggu!
Buah pir beli di pasar malam. 10k juga

Oh iya, pas diet ini, aku berhasil 3 minggu ga makan nasi sama sekali. 2 minggu pertama aku turun 4 kg! Berhasil! Di minggu ke-3, aku turun lagi 1 kg. Jadi, totalnya aku turun 5 kg dalam 3 minggu. Alhamdulillah, lumayan. Dan setelah 3 minggu, aku makan nasi di jam makan siang, sempet aku tweet juga :

Olahraga Ga?

Nah, pasti banyak pertanyaan olahraga ga selama diet? Ngapain aja selain menu makannya yang berubah? Aku ga olahraga sama sekali. Soalnya berangkat kerja pagi, pulang kerja magrib, kalo pas libur kerja, ngerjain tugas kampus. Jadi bener-bener ga ada olahraganya.

Tapi, setiap hari aku jalan kaki hampir 2 km kayaknya deh. Berangkat dari kosan jalan kaki ke depan gang sekitar 250 m, terus naik angkot. Turun dari angkot jalan lagi ke kantor 1,7 km. Lumayan banget kan? 4 hari jalan kaki terus. 1 hari lagi? Naik gr*bbike atau g*jek hehe.
Tips Sukses Diet : Turun 4kg dalam 2 Minggu!
Biasa jalan kaki ikutin rute mobil soalnya lebih gampang
Kalau mau lebih mantep, sebenernya bisa aja olahraga di kosan pake aplikasi Lose Weight in 30 Days. Tapi, boro-boro deh, sampe kosan bawaanya pengen langsung tidur aja. Aplikasi itu udah ada sekitar 5 bulanan kali ya di hape aku. Dan cuma dipake 1 kali aja. Makanya progress-nya cuma 1 day doang :D

Perubahan Setelah Diet

Abis diet ini, ada banyak hal yang berubah di diri aku :

  1. Perut rata. Yap! Ga ada lagi perut burayut ngelipet 3 kayak biasanya hahaha.
  2. Tulang selangka keliatan dikit. Biasanya, karena dagingnya tebel, tulang selangka aku ga keliatan sama sekali. Tapi sekarang agak keliatan tapi bukan berarti ceking yaa.
  3. Celana turun 1 size! Biasanya kalau beli celana itu ukuran L, sekarang berubah ke M dan itu cukup.
  4. Dibilang kurusan hehe.
Nah, jadi itu sih yang aku rasain setelah diet. Perubahannya juga lumayan banget kalau buat aku. Eh, ga ada foto after-nya nih? Hm belum difoto sih. Ntar aja kalo bener-bener udah keliatan perbedaannya. 

Buat kalian yang mau diet, tips diet dari aku cuma 1, konsisten! Jangan sampai cuma gara-gara laper mata jadi gagal diet. Harus bisa nahan diri biar ga makan makanan yang bisa nambah berat badan.

Akhirnya, selesai juga tulisan ini, panjang juga aku seneng! Semoga tulisan Perjalanan Dietku : Turun 4kg dalam 2 Minggu! ini bermanfaat yaa buat kalian pejuang diet :)))

You May Also Like

0 komentar

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)

Instagram