Surat untuk Aulia di Masa Depan

by - Monday, March 25, 2019

Surat untuk Masa Depan

Hai Aul! Eh, entah aku harus panggil kamu apa nanti di masa depan. Aku harap, kamu di sana jadi Aulia yang selalu bahagia dan jarang merasa sakit ya. Oh iya, kalau kamu baca surat ini nanti, aku mau kasih tau kalau saat ini kamu lagi ada di posisi yang lumayan baik loh. Iya, maksudnya dalam hal emosi sama perasaan ya. Kamu hebat. Sekarang kamu jadi bisa lebih ngontrol emosi sama perasaan kamu. Kamu bisa lebih berpikir positif, jarang berpikiran negatif dan jadi lebih bodo amat sama apa yang orang pikir tentang kamu. Aku rasa, masa ini bisa jadi masa terbaik kamu setelah terpuruk di tahun kemarin.

Tahun lalu, 2018, kamu ingat? Itu adalah tahun terberat buat kamu. Tahun yang benar-benar bikin capek ya? Capek di semua hal. Bahkan awal tahun 2019 ga sebaik itu. Terlalu banyak hal menyakitkan yang kamu rasain. Kamu inget kan rasanya? Iya, aku tau usaha kamu buat senyum atau ketawa depan semua orang dibalik gelapnya hidup kamu saat itu. Aku tau gimana berantakannya hati kamu. Aku tau rasa sabar kamu setiap kali perasaan itu akan meledak. Aku tau kamu terlalu banyak, Aulia.

Tapi, kamu hebat bisa ngelewatin itu semua. Kamu bisa bangkit di bulan Februari karena udah bisa nemuin hal yang bikin kamu bahagia. Congratulations!

Kamu harus ingat satu hal. Seburuk apa pun orang memperlakukan kamu, jangan pernah sedikit pun ada perasaan balas dendam. Cukup balas dengan senyum manis kamu. Bisa ya? Aku juga mau ingatin kamu, jangan pernah berhenti bersikap baik. Jangan peduli apa balasan mereka yang kamu perlakukan baik. Kamu berlaku baik karena memang baik kan?

Kamu harus bersyukur, di bulan ke-2 2019 dulu, kamu bisa naikin tingkat "rasa sayang sama diri sendiri" dari yang awalnya cuma 40-50 jadi 90. Tinggi banget kan? Dulu itu kamu yang awalnya ga pede sama diri sendiri, perlahan udah bisa pede. Kamu yang suka nethink berubah jadi posthink. Dan kamu ga overthinking lagi. Gimana? Masih ingat rasanya? Lega banget ga sih kalo inget itu?

Rasanya lucu juga kalau diingat kamu pernah mengatakan "aku ga pantas bahagia". Bahkan, kamu sangat gila sempat berpikir betapa menguntungkannya jika kamu tidak ada di dunia ini. Tapi, kamu tetap yang terbaik. Kamu tetap berjalan dan bahkan kamu berlari untuk keluar dari sana.

Bisa dibilang, kamu berhasil punya sikap itu karena hal yang ga disangka-sangka. Karena kamu suka sama mereka. Ya, pasti banyak pro sama kontra kalau banyak yang tau hal itu. Makanya, hanya beberapa orang aja yang tau saat itu. Mungkin, dibalik kontra dari beberapa orang, aku mau bilang "kamu berhasil berubah karena mereka, ga perlu menyesal karena kamu suka mereka. Mereka juga bisa buang sikap buruk kamu." Kamu banyak bersyukur saat itu. Kamu banyak berubah ke arah yang lebih baik.

Di tahun 2019 juga, kamu dapet pelajaran (dari drama) yang bilang gini :
Bahkan jika hari-hari terasa hambar, diikuti oleh hari hambar lainnya, hidup masih layak dijalani. Jangan buang waktu sekarang dengan menyesali masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Jalani hari ini dengan indah. Kamu layak mendapatkannya. -TLIYE

Jadi, buat Aulia di masa depan, yuk jangan pernah ngeliat ke belakang lagi. Semuanya udah kelewat. Cukup ingat hal-hal yang bikin kamu bahagia ya. Aku tau, kamu udah banyak ngelakuin hal bodoh di tahun-tahun sebelumnya. Tapi, cukup lewatin aja ya. Jangan diingat dan jangan diulang kalau bisa. Kamu hanya perlu untuk hidup lebih baik dan lebih bahagia dari sebelum-sebelumnya.

Eh, kamu udah nikah belum? Udah punya anak belum? Kalau udah, tolong diinget baik-baik ya "jaga anak kamu baik-baik jangan sampai jadi anak yang kayak kamu". Kamu pasti ngerti kenapa aku bilang gini sama kamu. Kamu yang paling mengerti aku, bukan?

Kamu hebat Aulia. Aku harap, di sana pun kamu bisa ngerasain hal yang kamu rasain saat ini. Jangan banyak sedih, jangan banyak nangis, kamu harus selalu senyum dan selalu bahagia. Kamu pantas bahagia. Ayo, kita kerja sama baik-baik ya.

Aku selalu sayang kamu, Aulia.

Jakarta, 25 Maret 2019

You May Also Like

2 komentar

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)

Instagram