Melangkah Bersama Blog Gado-Gado

by - Friday, April 15, 2022



Melangkah Bersama Blog Gado-Gado - Blog yang sudah 11 tahun bersamaku ini selalu menjadi blog yang paling kusayang karena sudah menjadi teman dekat yang mengikuti perkembanganku dari tahun 2011 hingga saat ini. Bahkan, setiap tahun jika ada notifikasi untuk memperpanjang domain, aku tetap bersikukuh untuk terus membayarnya meski blog sedang tidak sering update.

Alasannya? Kamu bisa membacanya di postingan sebelumnya mengenai tujuanku melakukan blogging dan kenapa pake blogspot?.

Blog utamaku ini masih tetap sama seperti dulu. Tidak mempunyai satu niche yang tetap karena aku selalu menulis sesuai tema yang kuinginkan. Atau, biasanya para blogger akan menyebutnya blog gado-gado. 

Kok disebut gado-gado? 

Untuk yang pernah makan gado-gado, tentunya paham betul apa yang ada di dalam makanan tersebut. Makanan ini berisi sayuran, telur, tahu yang ditabur bawang goreng dan dilengkapi dengan kerupuk. Sangat beragam dan banyak campurannya bukan? 

Berbeda halnya dengan makan ayam goreng yang tentunya sudah jelas akan berisi ayam yang digoreng saja. Sama halnya dengan blog juga. Blog yang biasanya berisi banyak tema atau niche, akan disebut dengan blog gado-gado. 

Itulah bagaimana blogku berjalan sampai saat ini. 

Dapat dilihat pada bagian menu dan sidebar, di blog ini memang ada banyak kategori di dalamnya. Seperti tujuan utama aku melakukan blogging, aku ingin mengisi hobi dan juga berbagi pengalamanku. Entah itu saat aku sedang bepergian atau makan di luar rumah. 

Apa aku tidak berpikir untuk memonetisasi blog ini agar lebih menguntungkan? Sebelum menjawabnya, aku akan memberikan beberapa perbedaan dari monetize blog dan Santuy Blog. 

Monetize Blog

  • Harus selalu update postingan 
  • Harus bisa mengikuti trend 
  • Membuat postingan yang berkualitas 
  • Harus bisa fokus 

Santuy Blog 

  • Tidak harus selalu update postingan 
  • Bisa menulis bebas 
  • Tidak dikejar waktu 

Nah, melihat dari perbedaan Monetize Blog VS Santuy Blog apalagi terkait waktu, tentu saja aku sudah tidak bisa melakukan yang monetize blog. Untuk update setiap hari atau konsisten dalam menulis saja aku masih belum bisa karena posisinya aku masih bekerja dan aku juga memiliki bayi. 

Bahkan, aku sangat sadar. Tulisanku sekarang ini benar-benar sangat tidak rapi. Berbeda dengan tulisanku sebelum-sebelumnya yang terlihat sudah dirancang dari lama dan dengan banyak pertimbangan. Sebenarnya, aku juga ingin membuat blog ini menjadi monetize blog, tapi mungkin aku akan melakukannya segera setelah lepas dari pekerjaan dan sudah memiliki banyak waktu. Atau aku juga yakin aku bisa membuat blogku yang berisi tutorial menjadi monetize blog. 

Karena saat ini aku masih ingin merasa santai dalam menulis blog tanpa harus dikejar waktu, kalau ada Monetize Blog VS Santuy Blog, saat ini santuy blog akan menjadi pemenangnya hehe.

Jadi, itu jawabanku. Saar ini aku akan melangkah bersama blog gado-gado yang santuy ini secara perlahan dan akan segera menjurus ke monetize blog saat aku sudah terbebas dari waktu.

You May Also Like

0 komentar

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)